Monday, June 5, 2017

CARA HINDARI MODUS PENIPUAN OKNUM PENJUAL DI BUKALAPAK

MODUS PENIPUAN OKNUM PENJUAL DI BUKALAPAK

Teman-teman..., bukalapak.com dan tokopedia.com kini semakin baik dan rame pengunjungnya. Saya juga senang berjual-beli di kedua tempat tersebut. Sistem keamanan dan prosedur transaksi yang terapkan keduanya menghadirkan rasa aman bagi pengunjung dan pelapak. Tapi saya yakin ada juga yang mungkin kurang sependapat dengan saya...iya kan..iya kan, it's OK bro...



Namun sistem keamanan dan prosedur transaksi yang seolah sudah bagus itu masih juga ada kelemahannya. Persis kata orang-orang tapi ga tau siapa yang ngomong..."Nobody's perfect" dan saya setuju itu.

Sesuai judul, saya langsung ke point sekarang. Saya melakukan order di Bukalapak (BL).
saya order dan mendapat no Transaksi 170417254786. saya transfer ke BL. Saya order dan minta agar penjual kirim barang menggunakan kurir JNE REGULER.

Kemudia penjual mengirimkan barang dengan kurir STAR CARGO dengan resi SMUC12655447903. Dan memang di BL memungkinkan penjual mengirimkan barang dengan kurir yang berbeda dari permintaan pembeli, karena ada fitur itu.

9 mei sekitar jam 18:52, penjual telp saya dari no hp 0857-9662-3117 ke no hp 0896-5628-6528 (milik saya) dan mengatakan bahwa "barang sdh dikirim tapi dengan kurir lain. Kurir tsb (star cargo) lebih cepat besok barang sampai." Gitu katanya dalam telepon sore itu... 

Saya hanya bilang kurang lebih "OK terima kasih". Lalu saya cek sebentar status order di BL dan memang sudah dalam proses kirim.

Jam 19:02 saya sms ke penjual dan menanyakan "kenapa tidak pake JNE?" Penjual membalas sms yang katanya "itu barang BM pak.." (mungkin maksud dia black market kali ya...)
 Saya tidak begitu ngerti maksd penjual, dalam hati saya "barang curian sekalipun kalo dikirim pake JNE apa terdeteksi?" tapi saya tidak merespon lagi smsnya.

10 Mei jam 10:36 saya kirim email ke Star Cargo Bandung menanyakan kepada mereka apakah paket dengan no resi SMUC12655447903 sdh ada di Bandung? Kebetulan kantor star cargo tidak jauh dari tempat tinggal saya.

10 Mei jam 11:26 mereka membalas email saya dan mengatakan "maaf bapak kirim via starcargo yang mana yaa itu bukan no resi kami .... hati2 ada penipuan terima kasih starcargo bandung"

10 Mei jam 17:36 saya sms ke penjual menanyakan "apakah resi yg diinput di BL itu asli atau palsu?" tapi penjual tidak menjawab. saya masih tunggu berharap malam itu paket akan datang. ternyata paket tidak datang juga.

11 Mei sekitar jam 12:30, siang itu saya putuskan untuk konfirmasi di BL, bahwa barang seolah-olah saya sudah terima supaya saya bisa komplain. 

Ini saya lakukan untuk mencegah agar sistem di BL tidak meneruskan dana kepada akun penjual. Karena jika no resi sudah di input ke BL, dan sistem di BL menyetujui dengan resi tersebut...maka dalam beberapa hari kedepan (mungkin menggunakan estimasi waktu pengiriman dari para kurir) dana akan otomatis masuk ke akun penjual. Nah...dengan melakukan komplain, maka dana akan tertahan di BL, penjual tidak bisa mencairkan dananya.

Namun sudah saya niatkan, jika memang barang yang saya order betul-betul datang, maka saya akan ubah komplain tersebut. Karena saya juga kadang-kadang berposisi sebagai penjual yang ingin agar segera dapatkan uang dari penjualan sebuah barang.

Nyatanya sampai sekitar seminggu barang tidak kunjung datang... oh..kasian paket itu mungkin salah alamat...hehehe. Sekitar 1 atau 2 hari setelah saya komplain, pelapak menghapus produk yang dijualnya dan tidak pernah online lagi. dia adalah pelapak premium

Komplain saya belum ada yang merespon dari tim BL. Lalu saya klik buka bantuan di bagian bawah web BL.


Lalu tidak sampai 1x24 jam sudah ada tim BL yang merespon. Setelah beberapa proses...tepat tanggal 1 Juni 2017 duit saya balik lagi...terima kasih BL.

#gandamanakomputer
supplier thin client, minipc, zero client, server dan spare parts dll.

No comments:

Post a Comment