Thursday, June 13, 2013

Perjalanan Rokok Gudang Garam

Perusahaan rokok Gudang Garam


1958
Gudang Garam Ditemukan
Adalah titik awal berdirinya perusahaan rokok Gudang Garam yang bermula dari sebuah industri rumahan. Produk kretek yang diproduksi pertama kali adalah SKL dan SKT.

1960
Gudang Garam membuka cabang
Cabang produksi SKL dan SKT didirikan di Gurah, 13 km arah tenggara Kota Kediri, guna memenuhi permintaan pasar yang kian meningkat. Setiap hari ada sekitar 200 orang karyawan melakukan perjalanan pulang-pergi Gurah-Kediri menggunakan gerbong kereta api khusus yang dibiayai perusahaan.

1968
Gudang Garam membuka 2 Unit Lahan baru
Seiring perkembangan usaha yang semakin maju, pada bulan September 1968 didirikan unit produksi bernama Unit I di atas sebidang lahan seluas 1000 meter persegi. Pada tahun yang sama dibangun pula sebuah unit produksi baru yang disebut Unit II.

1969
Gudang Garam berubah dari Industri Rumah Tangga menjadi menjadi Firma
Mengikuti perkembangan dan kemajuan usaha, Gudang Garam yang awalnya merupakan industri rumahan mengubah status dari Perusahaan Perseorangan menjadi Firma. Unit Produksi dipindah dari Gurah ke Kediri.

1971
Gudang Garam Berubah dari Firma menjadi PT
Gudang Garam kembali mengubah status dari Firma menjadi Perseroan Terbatas (PT). Pada tahun yang sama, terbit bantuan fasilitas dari pemerintah berupa Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), yang semakin mendukung perkembangan usaha.

1979
Gudang Garam mengembangkan produk Sigaret Kretek Mesin
Gudang Garam mengembangkan jenis produk Sigaret Kretek Mesin (SKM).

1990
Gudang Garam mencatat saham di BEJ dan BES
Gudang Garam mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya, yang mengubah statusnya menjadi Perusahaan Terbuka.

2002
Gudang Garam memproduksi kretek mild
Gudang Garam memproduksi jenis rokok baru, yaitu kretek mild yang ditandai dengan berdirinya Direktorat Produksi Gempol di Pasuruan Jawa Timur.

2013
Gudang Garam memperluas daerah produksinya
Areal perusahaan yang semula hanya seluas 1000 meter persegi kini telah berkembang menjadi sekitar 208 hektar yang terletak di wilayah Kabupaten dan Kota Kediri serta di wilayah Pasuruan.

Tujuan dipublikasikannya sejarah gudang garam ini di dalam blog ini adalah untuk mengambil sisi positif dari sebuah perjuangan.

Terima kasih telah mampir dan membaca halaman ini. Semoga Allah senantiasa memberikan keamanan, keselamatan, kelancaran dan kebarokahan..aamiin.






Sumber : gudanggaramtbk.com