Wednesday, September 11, 2013

FITUR PENGAMAN GADGET UNTUK ANAK


Perangkat mobile makin digandrungi. Baik smartphone dan tablet semakin diminati masyarakat. Tidak ada batasan usia penggunanya, tua atau muda semua memiliki. Bahkan anak-anak sudah terbiasa mengoperasikannya. Yang menjadi masalah adalah tidak semua aplikasi "pantas" diakses oleh anak-anak. Bagi orang tua yang membelikan anaknya atau sesekali meminjamkan gadget pada anak, perlu dipikirkan bagaimana mengamankan gadget tersebut agar anak-anak tidak leluasa menggunakannya.


Berikut beberapa alat yang bisa membatasi penggunaan gadget pada anak:
1. Windows Phone

Windows Phone 8  menyediakan fitur Kids Corner yang bisa diakses melalui menu Start, lalu klik Setting. Di sini user dapat menambahkan games, video, dan aplikasi lain yang sesuai untuk usia anak-anak. Setelah itu akses bisa dikunci dengan menggunakan PIN empat digit. Begitu anak-anak mengaksesnya, mereka tidak akan dapat merambah aplikasi lain.

2. Android

Untuk platform ini tersedia Kids Place dan Kid Mode. Keduanya mengombinasikan games yang sudah ada di gadget dengan aplikasi berfitur pengunci. Orang tua dapat memonitor aplikasi apa saja yang diakses anak-anak melalui Kid Mode.

3. iOS (iPhone, iPad, iPod touch)

Ada fitur Allowed Content pada versi iOS 6 dan sesudahnya. Di sini user dapat mengontrol akses dan jenis konten yang diunduh dari iTunes Store.  Saat gadget berpindah tangan ke anak-anak, orang tua dapat memilih jenis musik, film dan games yang sesuai dengan rating usia. Pada bagian Setting, user bisa mencegah terjadinya perubahan setting privasi, sehingga anak-anak tak bisa sembarangan melakukan sharing foto dan data apapun ke pihak lain.

4. BlackBerry

OS BlackBerry versi 5.0 dan sesudahnya memiliki fitur Parental Controls yang bisa diunduh di BlackBerry App World.  User bisa mengontrol akses ke fitur kamera, serta blocking ke panggilan telepon dan jenis komunikasi lain.





Sumber : www.ldii.or.id

No comments:

Post a Comment