Tuesday, July 15, 2014

CARA HAPUS DUAL BOOT WINDOWS 7

Cara hapus salah satu dual boot / salah satu windows 7 dalam komputer / laptop

Assalaamu'alaikum, hai sobat blogger di seluruh dunia.. lama ngga ngisi blog nih..akhirnya bisa nulis lagi di blog saya. 

Saya menggunakan laptop yang sudah saya install windows 7 ultimate 32bit. Karena ingin mencoba sebuah perangkat keluaran Sunde, yaitu Sunde Diana yang mengharuskan server windowsnya harus 64bit, maka saya install lagi laptop saya windows 7 ultimate 64bit. Sehingga dalam laptop kesayangan saya ada 2 windows, yaitu windows 7 ultimate 32 bit dan windows 7 ultimate 64bit.

Setelah trial produk sunde selesai, laptop saya masih diisi oleh 2 windows dengan bit berbeda. Setiap menghidupkan laptop selalu ada pilihan untuk masuk ke windows 7 ultimate 64bit atau yang 32bit. Walaupun di dalam pilihan itu tidak ada tulisan 64bit dan 32bit, pasti yang windows 7 ultimate 64bit menjadi default log on atau yang akan muncul kalau kita biarkan saja pilihan itu tanpa kita pilih salah satu. 

Dari sana saya jadi tahu bahwa windows yang terakhir kita install maka windows itu akan menjadi default log on.

Nah..lama-lama saya capek juga kalau setiap menghidupkan laptop harus nunggu dulu hingga keluar pilihan log on windows, lalu saya tekan tanda panah ke bawah di keyboard saya untuk memilih log on dengan windows 7 ultimate 32bit. Karena kalau saya hidupkan laptop lalu saya tinggal, maka pasti yang muncul adalah yang 64bit.

Akhir saya putuskan untuk membuang yang 64bit, tapi saya enggak tahu gimana caranya...googling pun dimulai..maka hasil googling saya adalah :


  1. Saya masuk / log on ke windows 7 ultimate 32bit. 
  2. Tekan tombol windows lalu ketik msconfig lalu ENTER
  3. Maka muncul tulisan yang menjelaskan ada dua windows 7 dalam laptop saya tapi tidak ada tulisan 64bit dan 32bit. Yang ada hanya tulisan Default OS dan Current OS. Lalu saya hapus yang Default OS, karena saya yakin itu yang 64bit yang sudah tidak saya perlukan lagi di laptop saya. Saya yakin karena yang selama ini menjadi default log on di laptop saya adalah yang 64bit.
  4. Lalu muncul tulisan Windows 7 : current OS; Default OS
  5. Terakhir laptop saya restart dan Alhamdulillah...ternyata sudah hilang yang 64bit karena sudah tidak muncul pilihan log on lagi.
Gitu sob...Setelah itu ada kerjaan lagi...menghapus file-file sisa windows 7 ultimate 64bit yang buanyakkk....ada yang bisa langsung di delete manual tapi banyak yang tidak bisa. Maka saya pake software unlocker. Sobat bisa unduh di web lain untuk software tersebut...atau bisa juga pake software Revo uninstaller...