Monday, October 21, 2013

SETTING VOLUME SUARA PADA LAPTOP SONY VAIO

Assalaamu'alaikum Wr. Wb. Sobat blogger dimanapun berada. Semoga tetap semangat, tetap optimis dan jaga ibadah wajib agar tetap tertib serta tingkatkan ibadah sunnah ya...

Tulisan saya kali ini khusus untuk pengguna laptop Sony Vaio, dan mungkin juga berguna bagi pengguna laptop yang lain. Bagi pengguna laptop Sony Vaio khususnya tipe VPCEB23FM barangkali kesulitan mengatur volume suara. Laptop keren tapi suaranya seperti nenek saya kalo lagi berbisik-bisik...hehehe...ngledek dikit boleh ya, bercanda sobat.


  • Pastikan laptop dalam kondisi on ya...hahaha. Cara 1 : perhatikan layar monitor sebelah kanan bawah. ada indikator volume suara (speaker tampak samping). Nah itu klik kiri aja, muncul kan pengaturan volume dan di paling atas ada gambar tampak depan speaker dan kalo di tunjuk dengan kursor muncul tulisan "Speaker/HP (......)". Kira-kira gitu lah tulisannya. Klik kiri pada gambar speaker yang tampak depan itu dan muncullah "Speaker/HP Properties". Cara 2 :  Masuk ke Control Panel - Hardware and Sound - Sound - Playback - Speaker/HP - Properties - Dolby. Cek list pada Audio Enhancer dan Surround Sound. Lalu klik Enhancements dan cek list pada Equalizer dan Loudness Equalization. Lihat ke bagian bawah ada tulisan Setting, nah silahkan di situ pilih tipe suara. Ada Pop, Live, Club, Rock, Bass dan lain-lain.
  • Langkah berikutnya silahkan di coba-coba suara laptop sobat dengan audio yang sudah disimpan dan kalo ada kesulitan silahkan komentar saja ke artikel ini. Udah.....

Demikian tulisan saya kali ini dan semoga Allah senantiasa memberikan keamanan, keselamatan, kelancaran dan kebarokahan, aamiin...