Wednesday, December 3, 2014

WARNING : HATI-HATI DENGAN TRANSAKSI PEMBAYARAN ANTAR BANK

Sobat para pelaku bisnis pemula, teruslah bersemangat dan jangan menyerah. Kalo saya perhatikan, semenjak internet semakin terjamah dan semakin murah, ditambah keluarnya teknologi belekberi...eh salah, blackberry maksud saya, geliat bisnis online semakin semarak, bak jamur di musim hujan...dimana-mana ada toko online. orang pinggiran kota, orang-orang yang rumahnya di gang-gang sempit, di daerah-daerah yang jauh dari pusat kota bahkan dipelosok sekalipun mulai bermunculan onlineshop. Ini adalah sinyal positif bahwa bangsa Indonesia sudah bergerak maju mengenal teknologi internet dan manfaatnya. 

Bagi sobat para pemula dan benar-benar pemula dalam bisnis ini, tetaplah berhati-hati dan waspada dalam setiap transaksi yang akan sobat lakukan. Salah satu yang perlu sobat waspadai adalah ketika ada calon pembeli yang menanyakan harga produk yang sobat jual baik melalui web, blog, blackberry dan fasilitas lainnya. Sebagai penjual tentu sobat sadar penuh bahwa pembeli adalah raja, sehingga sobat berusaha melayani dengan baik.

Ketika pembeli adalah orang baru yang belum sobat kenal dan belum pernah berlangganan supaya lebih waspada. Ada modus, seorang pembeli tidak banyak bertanya, sekali tanya harga dan sobat menawarkan maka pembeli tersebut langsung mengatakan "OK, saya cocok dengan harga itu, tunggu ya saya sebentar lagi transfer, tolong info norek nya..."

Tentu sebagai pemula yang belum banyak pelanggan sobat akan sangat senang dengan kondisi ini, sekali menawarakan barang langsung dapat pembeli. Di titik inilah sobat akan dibuat percaya oleh si pembeli ini. Pembeli seolah benar-benar percaya kepada sobat sebagai penjual di onlineshop dan langsung DEAL dengan penawaran sobat. Maka biasanya sobat juga akan membalas dengan hal yang sama yaitu PERCAYA.

Tidak lama kemudian si pembeli mengirimkan gambar bukti transfer kepada sobat. Alangkah senangnya sobat sudah ada bukti transfer itu. Setelah sobat cek ternyata bukti transfernya adalah dari bank lain, bukan dari bank yang sama tempat sobat membuka rekening. 

Pada kondisi ini sobat sudah faham bahwa transfer antar bank biasanya memerlukan waktu 1 atau 2 hari kerja. Ternyata setelah ditunggu 2 hari uang tak kunjung masuk juga ke rekening bank sobat. 

Waspada, hati-hati..!! bisa jadi bukti transfer bank yang di scan dan diemail ke sobat atau yang difoto lalu di bbm ke sobat adalah bukti transfer yang sudah dipalsukan. Bagi orang awam seperti saya juga sangat sulit membedakan mana bukti transfer yang asli dan yang palsu. Maka sobat hati-hatilah.

Saran dari saya, kalo customer atau pelanggan sobat transfer uang dari bank yang berbeda, maka sebaiknya kirimkan barang yang telah dibeli jika memang benar-benar uang yang ditransfer oleh customer atau pelanggan sudah masuk ke rekening sobat. Ndak perlu hiraukan pelanggan atau customer yang meminta kita untuk cepet-cepet kirim barang dengan alasan barang sangat urgent, sangat diperlukan, atau berpura-pura bahwa barang tersebut untuk dijual lagi, bahwa customer sobat juga dimarahi oleh customernya karena barang tidak segera di kirim.

Semoga sobat tetap semangat dalam berbisnis yang baik dan halal.