Thursday, February 21, 2013

Raja Menyok


Hai Sob...,
Selamat datang di blog saya dan selamat membaca tulisan saya. Mungkin ada yang bertanya-tanya...[idihh.., pede amat ya jadi orang..]. Apa sih Raja Menyok..???!!!
Saya yakin kalo Raja udah pada tahu kan..?. Nah kalo menyok pasti belum banyak yang tau.., ya kan..ya kan...???

Baik kalo gitu.., Menyok itu adalah singkong atau ketela pohon, [menyok=singkong=ketela pohon=pohong=telo=ubi kayu...apa lagi ya..???] pokoknya masih dalam jenis ubi-ubian. Orang Lamongan-Jawa Timur menyebut singkong sebagai "Menyok". Dan setahu saya hanya dan hanya orang Lamongan yang sebut menyok. Di daerah lain ada yang menyebutnya "Pohong", ada juga yang menyebut "Telo". di daerah sobat apa namanya..???. Karena saya asli Lamongan maka saya memberi nama blog saya "Raja Menyok". Mudah-mudahan nama ini menjadi barokah tersendiri untuk blog saya.

Menyok saat ini banyak di gunakan sebagai bahan baku pembuatan makanan ringan [snack]. Walaupun dia berasal dari kebun-kebun yang jauh di tengah sawah alias "Ndeso", tapi begitu disulap menjadi snack dia nongkrongnya dari meja petani sampai meja pejabat sob. Lihat saja kalo sobat ke Bandung, pasti akan melihat banyak snack berasal dari menyok. keripik singkong salah satunya, dengan berbagai merk nongkrong di toko-toko penjaja oleh-oleh khas Bandung. Dengan tampilan bungkus yang keren sudah tidak terlihat lagi kalo itu adalah menyok.

Itu baru satu snack ya sob.., manfaat menyok masih buanyakk lagi lho... nanti akan saya coba tulis lebih banyak untuk sobat semua. yang punya artikel tentang menyok boleh juga ko' bagi ke saya biar saya publish disini.

Blog ini saya bangun dalam rangka berbagi segala kebaikan yang dapat saya bagikan untuk sobat blogger dimanapun berada.

Ok.., terima kasih sudah mampir dan baca. Sampai ketemu di tulisan berikutnya. di tunggu comment dan masukannya ya...

Semoga Allah senantiasa memberikan keamanan, keselamatan, kelancaran dan kebarokahan..aamiin.
 



4 comments:

  1. semoga aku seberuntung menyok.., dari kampung tp terkenal dimana2..hehehe

    ReplyDelete
  2. Orang Gresik juga menyebut singkong dengan menyok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo ta rek...hehehe...sy juga sering ke menganti mas...

      Delete