Wednesday, February 27, 2013

Perjalanan mengurus permohonan pengujian alat/ perangkat telekomunikasi


Hai sob..,
Kali ini saya mau bagi cerita tentang perjalanan saya ke Bekasi Barat. Kebetulan ada tugas untuk mengurus permohonan pengujian alat/ perangkat telekomunikasi. Alat/ perangkat yang akan diuji adalah thin client / minipc dengan brand name PCSTATION. Kalau sobat mau tahu lebih banyak tentang PCSTATION silahkan mampir ke www.pcstation.co.id.
Saya berangkat dari Pasir Koja Bandung dengan naik bis jurusan Bandung-Bekasi sekitar jam 9 pagi. Alhamdulillah lebih kurang 2 jam 30 menit sudah keluar pintu tol bekasi timur. Dan ketika kumandang adzan Dhuhur terdengar saya sudah sampai di kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi RI Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi.
Sobat tahu apa yang saya pikirkan kalau dengar adzan Dhuhur..???. Yang saya pikirkan adalah makan...!!! hehehe. Jangan buruk sangka dulu ya... Soalnya gini sob, kalau sholat dulu tapi perut lapar, nanti jadi engga' khusu'. [alibi ketinggalan jaman, wkwkwkwk]. Tapi emang betul kalau perut terlalu lapar baiknya makan dulu baru sholat. Karena lapar saya cari tempat makan deket kantor itu. Dari pintu pagar kantor saya berjalan kearah kanan kira-kira 50 meter dan akhirnya...hmmm, makan deh, Alhamdulillah...
Jam 12.30 saya kembali ke kantor postel tersebut lalu ke belakang kantor. Disana ada musholla lengkap dengan tempat wudlunya. Lalu saya sholat dhuhur dan sholat ashar jama' qoshor. Saya sempatkan lihat-lihat musholla itu. ada yang mengusik mata saya. Lihat foto ini.


Jujur saya tidak setuju dengan perlengkapan musholla itu....udah pake AC masih juga pake kipas angin, isrof ngga' tuh. Tapi tetap saya berpikir positif, mungkin AC nya lagi rusak atau AC nya bukan Air Conditioning tapi Accessories. Jadi sambil nunggu diperbaiki mereka pasang kitiran [bahasa jawa saya untuk kipas angin].
Setelah selesai menunaikan ibadah wajib, saya langsung masuk ke kantor postel. lihat foto di bawah ini.

Dimeja ini saya ditanya;
Petugas : ada keperluan apa pak...?
Saya : mau mengurus sertifikat perangkat wifi..
Petugas : sudah bayar pak..?
Saya : Belum bu..
Petugas : kalau begitu bapak sekarang mengurus SP2 dulu.
Ternyata pertama-tama di kantor ini saya harus mengurus SP2, yaitu SURAT PEMBERITAHUAN PEMBAYARAN Pengujian Alat/ Perangkat Telekomunikasi. SP2 berisi berapa biaya yang harus dibayarkan ke kas negara untuk biaya pengujian perangkat. Sebelum ke kantor ini (postel) untuk mengurus SP2, harus sudah ada SP3 atau SURAT PENGANTAR PENGUJIAN PERANGKAT. SP3 dikeluarkan oleh Kominfo yang ada di Jl. Medan Merdeka Barat No. 17 Jakarta 10110.
Lalu saya siapkan berkas-berkasnya untuk mendapatkan SP2, diantaranya :
  1. SP3 asli (tergantung jumlah sampel alat/ perangkat yang akan di uji, kalau saya kebetulan ada dua sampel, yaitu tipe AGC360W dan AGC313W, jadi ada 2 lembar SP3 asli)
  2.  Fotocopy SP3 masing-masing 1 lembar
  3. Spesifikasi teknik dari masing-masing sampel alat/ perangkat yang akan di uji. Spesifikasi buat dengan sedetail mungkin, jangan ada yang ditutup-tutupi. Dan berikan gambar alat/ perangkat dalam spesifikasi tersebut.
Saya diminta petugas dimeja yang tadi untuk memberikan ktp/ sim atau kartu identitas lain. Lalu petugas tersebut memberikan saya visitor card, dan 2 kartu antrian. Satu kartu untuk saya pegang dan satu kartu yang ada frame-nya untuk diberikan kepada petugas yang ada di meja yang ada tulisan Biaya Pengujian. Lihat gambar ini :


Lalu saya letakkan nomor antrian di tempat yang disediakan. Sambil menunggu nomor antiran di panggil saya minum air gelas gratis + permen dimeja itu. Banyak juga dari perusahaan lain yang punya keperluan sama ternyata. Setelah menungggu cukup lama, akhirnya nomor antrian saya di panggil dan saya segera maju ke meja petugasnya dan memberikan nomor antrian yang saya pegang. Kemudian saya mengeluarkan semua berkas yang tadi telah saya siapkan. Kemudian saya berikan berkas-berkas tadi kepada petugas dan duduk lagi untuk menunggu.
Tidak lama saya menunggu, petugas memanggil "PT Anriz Global Connection!", lalu saya hampiri petugas itu dan beliau mengembalikan berkas-berkas yang telah saya berikan dan memberikan berkas baru yaitu SP2 (Surat Pemberitahuan Pembayaran). Alhamdulillah....satu langkah sudah selesai hari ini. Hari sudah sore saat itu dan saya pengen segera pulang. Maklum sudah kangen sama istri..hehehe.
OK sobat sampai di sini dulu ya..., nanti saya sambung lagi sampai selesai proses mengurus urusan ini. Tunggu tulisan saya mengenai Perjalanan mengurus permohonan pengujian alat/ perangkat telekomunikasi (II). terima kasih telah mampir dan membaca. Semoga Tuhan selalu berikan keAmanan, keSelamatan, keLancaran dan keBarokahan..aamiin.


1 comment: