Thursday, December 19, 2013

RAJANYA HARI-HARI DUNIA

Assalaamu'alaikum., sobat blogger yang setia dengan blog rajamenyok, semoga kita selalu mendapat perlindungan dari Allah, terhindar dari kemaksiatan dan kerusakan zaman akhir..aamiin.

Sobat blogger pasti sudah pada tahu bahwa hari Jum'at itu adalah termasuk hari besar bagi umat Islam. Hari yang istimewa diantara hari-hari yang lain dalam satu minggu. Iya dong.., sholat dhuhurnya saja jadi 2 roka'at yang kalau di hari yang lain adalah empat roka'at. Kenapa ya kok jadi 2 roka'at..? kalau nanya gituan ke saya, saya jawab tidak tahu, ilmu saya belum sampai situ. Yang pasti bagi umat Islam tuntunannya adalah Alqur an dan Alsunnah yang telah dijamin kebenarannya oleh Allah dan Rosul.


Selain itu dalam hadits Rosululloh SAW juga menjelaskan bahwa Nabi Adam diciptakan di hari Jum'at, dan pada hari Jum'at pula Nabi Adam dikeluarkan dari surga. Juga kiamat juga akan terjadi pada hari Jum'at, itu semua ada dalam hadist yang Rosululloh sabdakan.

Sampai-sampai orang iman yang mati di hari Jum'at juga dibebaskan dari siksa kubur, ingat ya ORANG IMAN.

Adapun para muslim (orang Islam laki-laki) diwajibkan untuk melaksanakan sholat Jum'at. Sholat Jum'at itu harus berjama'ah walaupun hanya dengan seorang makmum. Kalau sholat sendiri berarti harus sholat dhuhur namanya. Hanya ada empat orang yang tidak wajib melaksanakan sholat Jum'at yaitu : 
  • Budak (zaman Nabi dulu masih ada perbudakan)
  • Perempuan
  • Anak kecil (belum sampai baligh)
  • Orang yang sakit yang tidak mampu mengikuti sholat Jum'at ( sakit panu tidak termasuk...)

Tapi mereka semua tetap wajib melaksanakan sholat dhuhur empat rokaat jika tidak ikut sholat Jum'at.

==>mohon maaf tidak saya sertakan hadits sumbernya karena belum sempat membuka kitabnya....