Saturday, December 28, 2013

Teks MC Pernikahan

Teks MC Pernikahan “pengalaman saya”
A.    Rombongan calon mempelai laki-laki datang jam 08:00 di sambut oleh keluarga calon mempelai perempuan.
MC : “Selamat datang kami ucapkan kepada calon mempelai laki-laki dan keluarga serta rombongan”
Jangan lupa ucapkan sekali lagi setelah mereka sudah mendapat tempat duduk masing-masing.
B.   Keluarga mempelai perempuan menyambut dan mengalungkan bunga melati kepada calon pengantin laki-laki. Calon mempelai wanita tetap di tempat rias atau tempat lain dan belum bergabung. Calon mempelai wanita akan bergabung ketika proses akad nikah akan dimulai.
C.    Calon pengantin laki-laki diapit oleh orang tua dan calon mertua untuk menuju kursi tamu. Formasi ketika berjalan ke kursi tamu : bapak/ wali calon mempelai laki2, calon mertua laki2, calon mempelai laki2, ibu/wali calon mempelai, ibu calon mempelai wanita. Lalu berjalan ke kursi tamu.


Hadirin sekalian yang kami hormati,
Calon pengantin berdua yang sedang berbahagia,
Bapak H. Saifuddin sohibul hajat yang kami hormati, (bpknya calon mempelai wanita)

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pertama-tama , marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena atas limpahan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya lah kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat guna menghadiri acara akad nikah Saudara Uus Ustman Sulaiman dengan saudari Kaana Yulaada Muzdalifa

Tidak lupa shalawat serta salam senantiasa kita limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shallallahu ’Alaihi Wa Sallam, beserta keluarga ,para sahabat dan pengikutnya sampai akhir zaman. Aamiin

Hadirin yang berbahagia,
Hari ini kita semua datang atas undangan keluarga kedua pengantin untuk menyaksikan akad nikah saudara Uus Ustman Sulaiman dengan saudari Kaana Yulada Muzdalifa sekaligus memberi doa restu bagi mempelai berdua yang akan mengarungi hidup baru, Semoga berbahagia, mendapat petunjuk, dan jalan yang lurus dari Allah, sabar dan tawakkal dalam menghadapi cobaan dan rintangan. Serta dapat membina keluarga sakinah mawaddah warahmah. Aamiin YRA.
Hadirin yang berbahagia, pada pagi yang berbahagia ini pula, telah kami susun acara akad  nikah ini sebagai berikut :

1. Pembukaan, yang sekaligus telah kami bawakan
2. Pembacaan Kalam Illahi
3. Penyerahan calon mempelai Pria kepada calon mempelai wanita
4. Penerimaan oleh calon mempelai Wanita
5. Penyerahan secara simbolis cinderamata dari pihak mempelai laki-laki kepada pihak mempelai perempuan (ibu)
6. Prosesi akad nikah
7. Tausiyah
8. Do’a penutup
9. Acara sungkeman ke orang tua/wali
10. Ramah tamah 

Untuk memanfaatkan waktu, marilah kita mulai saja acara selanjutnya, yakni pembacaan Kalam Illahi yang segera akan dibawakan oleh Ustadz Mahfudh Ubaidillah Untuk itu segera saja kepada Ustadz Mahfudh Ubaidillah kami persilahkan.

***** PEMBACAAN KALAM ILLAHI *****

Hadirin yang kami hormati, sebagaimana layaknya adat kebiasaan kita maka atas nama keluarga calon mempelai wanita memberikan kesempatan kepada pihak calon  mempelai pria untuk memberikan sekapur sirih, sebagai amanat keluarga menyerahkan calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin wanita. Untuk itu segera saja kami serahkan kepada (yang mewakilinya)............................... Yang terhormat................................ (wakil keluarga calon pengantin pria) kami persilahkan!

***** PENYERAHAN CALON PENGANTIN PRIA *****

Terima kasih Bapak ......................... yang telah dengan ikhlas penuh kesungguhan telah menyampaikan amanat pengantin pria sekeluarga kepada Bapak H. Saifuddin sebagai orang tua pengantin wanita.

Selanjutnya, kiranya tepat sekali jika segera kesempatan berikutnya kami serahkan kepada pihak keluarga pengantin wanita, yang dalam hal ini akan diwakili oleh Bapak Widi Handoko, untuk itu yang terhormat Bapak Widi Handoko kami persilahkan!

***** PENERIMAAN CALON PENGANTIN WANITA *****

Terima kasih bapak Widi Handoko yang telah mewakili pihak mempelai wanita untuk menyampaikan penerimaan atas mempelai pria.

Acara berikutnya adalah penyerahan secara simbolis cinderamata dari mempelai pria untuk mempelai wanita yang akan diwakili oleh Ibunda......................................sebagai wakil dari mempelai pria dan Ibunda.............................sebagai wakil dari mempelai wanita, kepada mereka kami persilahkan..

***** SIMBOLIS PENYERAHAN CINDERAMATA *****

Semoga cinderamata yang diberikan oleh mempelai pria untuk mempelai wanita menambakah kebarokahan dalam kehidupan kedua mempelai kelak, amin.

Hadirin yang dimuliakan Allah tibalah saat yang ditunggu tunggu yaitu acara inti, prosesi akad nikah Untuk itu kami persilahkan kepada Bapak ........................................................, sebagai penghulu kiranya berkenan memimpin acara ijab dan qabul. Kepada Bapak ................................................................. kami persilahkan!
Juga kepada kedua mempelai, keluarga dan saksi-saksi yang telah ditunjuk dipersilahkan menuju kursi yang disediakan untuk proses akad nikah.

***** ACARA INTI IJAB DAN QABUL/ AKAD NIKAH *****

Hadirin yang dirahmati oleh Allah,
Alhamdulillahirabbil ’Alamin, baru saja kita saksikan pelaksanaan akad nikah antara saudara Uus Ustman Sulaiman dengan saudari Kaana Yulada Muzdalifa. Mudah-mudahan akad nikah ini akan selalu menjadi tali pengikat selamanya cinta kasih abadi bagi mempelai berdua. Dan semoga mempelai berdua tetap istiqomah dalam membina dan membentuk rumah tangga yang harmonis, rukun, Sakinah ma waddah wa rohmah.. Aamin YRA

Dan kepada Bapak Penghulu ......................... yang telah memimpin acara akad nikah  saudara Uus Ustman Sulaiman dengan saudari Kaana Yulada Muzdalifa, kami atas nama perwakilan pihak keluarga dan pengantin mengucapkan banyak terima kasih.

Para hadirin Yang Berbahagia selanjutnya marilah kita jelang acara berikutnya yaitu TAUSIYAH yang akan disampaikan oleh bapak ............................................. kepada yan terhormat bapak ...................................................... saya persilahkan:

************ ACARA TAUSIYAH **************

Terima kasih kepada Bapak ...................................................., yang telah berkenan menyampaikan TAUSIYAHnya semoga nasehat dan petuah dari Bapak tadi dapat, dihayati, dan diamalkan tidak saja oleh mempelai berdua, namun juga dapat diamalkan oleh para hadirin dan hadirat semuanya. Amin!

Para hadirin semua yang kami muliakan, agar mendapat berkah untuk pengantin dan kita semua dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, maka marilah kita semua berdoa mengangkat tangan bersama-sama sekaligus mendoakan semoga  pengantin berdua tetap langgeng perkawinannya benar-benar hidup sejahtera lahir dan batin selamanya di dunia hingga akhirat, beserta sejawat, keluarga, dan kedua orang tua masing-masing.

Doa dipimpin oleh Bapak Ustadz .......................kepada Bapak Ustadz.................. saya persilahkan,

******** DOA PENUTUP PROSESI **********

Terima kasih kepada Bapak Ustadz......................  yang telah memimpin DOA semoga doa yang telah kita panjatkan diijabahi oleh Allah , bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi kedua mempelai  dalam membina keluarga sakinah mawaddah wa rohmah.

acara berikutnya adalah ACARA SUNGKEMAN pengantin berdua kepada orang tua/wali yang disambung dengan acara memberikan ucapan selamat dan doa kepada kedua mempelai dari para hadirin

1.    Sungkeman kepada kedua orang tua mempelai wanita
2.    Sungkeman kepada kedua orang tua mempelai pria
3.    Sungkeman kepada mbah putri dari solo

**silahkan dicari diweb/blog sebelah untuk kata-kata dalam memandu acara sungkeman. Biasanya kata-katanya berisi tentang pengakuan, permohonan maaf dan pujian kepada orang tua sehingga suasana menjadi haru. Jika kesulitan minta bantuan saja ke bagian perias, biasanya mereka menyiapkan.

***** ACARA SUNGKEMAN & PEMBERIAN SELAMAT *****

Hadirin dan hadirat yang kami muliakan, dengan selesainya seluruh acara demi acara pagi akad nikah Saudara Uus Ustman Sulaiman dengan saudari Kaana Yulaada Muzdalifa maka berakhirlah akad nikah pagi ini. Dengan hormat, kami atas nama perwakilan keluarga menyampaikan banyak-banyak terima kasih terutama kepada Bapak Penghulu dan kepada semua yang hadir.

Sebelum acara ini kami tutup, kami selaku pembawa acara, apabila dalam kesempatan ini ada tutur kata yang kurang berkenan di hati maupun tingkah laku yang kurang sopan, maka kami mohon maaf sebesar-besarnya.

Akhirnya marilah kita tutup acara ini dengan bacaan hamdalah…Alhamdulillahirabbil ’Alamiin
Wassalamualaikum Wr Wb

Hadirin dipersilahkan memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai dan keluarganya.
Sambil menunggu selesainya acara pemberian ucapan selamat, maka kami persilahkan hadirin yang sudah selesai menuju ke tempat hidangan yang sudah kami persiapkan dan menikmatinya.

***** ACARA RAMAH TAMAH *****

Pengantin ganti baju
Foto-foto :
Pihak perempuan
-        Kel besar solo
-        Kel besar garut
-        Kel besar lampung
-        Kel besar bekasi
-        Kel besar bandung (almukarromah)

-       Pagar bagus/ ayu