Saturday, November 9, 2013

SEMBILAN [9] AMALAN PEMANGGIL REJEKI DARI ALLAH

Sobat blogger dimanapun berada, semoga Allah senantiasa melimpahkan kebaikan-kebaikan yang banyak dan barokah untuk kita semua...aamiin.

Sobat..,untuk beribadah kepada sang Kholiq kita memerlukan bekal, memerlukan materi. Tidak mungkin kita bisa ibadah dengan nyaman tanpa ada tempat ibadah yang nyaman walaupun sholat di kandang kambing sebenarnya tidak masalah..., tapi kan kurang nyaman kalo sholat di kandang kambing atau hewan ternah lainnya. Kita perlu masjid atau musholla agar nyaman. Badan kita juga perlu tenaga untuk melaksanakan aktivitas ibadah.


Untuk itulah kita perlu mencari penghidupan / ma'isyah / rezeki agar badan kita tetap bisa mendapatkan asupan gizi, agar kita bisa membangun masjid / musholla untuk, agar kita bisa membeli kendaraan untuk aktivitas kita dan kelancaran ibadah kita.

Maka kali ini saya akan berbagi tentang 9 amalan yang menyebabkan datangnya rezeki dari Allah, Yaitu :
1. Memperbanyak Istighfar kepada Allah :
    Firman Allah dalam Alqur an surat Nuh ayat 10 - 13 menjelaskan bahwa : "Membacalah istighfar kalian kepada tuhan kalian, karena sesungguhnya Allah maha pengampun. Allah akan melepaskan hujan deras dan menolong kalian dengan beberapa harta dan anak-anak serta menjadikan untuk kalian kebun-kebun dan sungai-sungai".

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad juga menjelaskan : "Barang siapa yang memperbanyak membaca istighfar maka Allah menjadikan baginya keluasan hati dari setiap kesusahan dan menjadikan jalan keluar dari setiap masalah yang membuat hati sempit dan Allah memberikan rezeki baginya dari mana saja yang dia tidak menyangka". 

2. Memperbanyak infaq di jalan Allah :
    Penjelasan firman Allah dalal surat Sabak ayat 39 : "Sesuatu yang kalian infaqkan maka Allah akan menggantinya dan Allah adalah sebaik-baiknya yang memberi rezeki".

3. Memperbanyak Shilaturrohim (baik terhadap famili yang seiman atau yang tidak)
    Riwayat Imam Bukhori : "Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan di panjangkan umurnya maka supaya menyambung famili".

4. Senang menghormati tamu :
    "Tamu itu datang dengan membawa rezekinya dan ketika pergi dengan membuang dosa-dosa tuan rumahnya dan menghapuskan dosa-dosa tuan rumahnya". HR. Abu Syaikh.

5. Berusaha menjadi orang yang jujur / amanah :
    "perbuatan amanah akan menarik datangnya rezeki, perbuatan khianat akan menarik datangnya kefakiran". HR. Addailami

6. Meningkatkan taqwa kepada Allah (mengerjakan semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya) :
    Allah berfirman : "Dan barang siapa yang taqwa kepada Allah maka Allah akan jadikan baginya jalan keluar dan memberikan padanya rezeki dari mana saja yang ia tidak menyangka". QS. At-thalaq ayat 2-3.

    "Dan sesungguhnya seorang laki-laki niscaya dihalangi dari rezekinya karena perbuatan dosa yang ia lakukan". HR. Ibnu Majah.

7. Memperbanyak tawakal kepada Allah :
    Allah berfirman dalam surat At-thalaq ayat 3 : "Dan barang siapa yang menyerah kepada Allah maka Allah akan mencukupinya."

8. Agar selalu berprasangka baik kepada Allah :
    Allah berfirman : "aku bersama dengan prasangka hambaku padaku". HR. Imam Bukhori.

9. Menertibkan sholat tahajjud dan do'a di sepertiga malam yang akhir.

Demikian tulisan saya kali ini dan semoga Allah senantiasa memberikan keamanan, keselamatan, kelancaran dan kebarokahan, aamiin...