Tuesday, January 7, 2014

MENGISI MALAM PERGANTIAN TAHUN [2013 to 2014]


Assalaamu'alaikum, sobat blogger, semoga Allah selalu menjauhkan kita dari segala kejelekan yang Allah telah ciptakan, tahun lalu, tahun ini, tahun depan dan seterusnya..aamiin.


tahun 2013 yang telah lewat beberapa hari lalu, penulis sebagai salah satu pembina muda-mudi di majelis ta'lim Almukarromah Bumi Asri Bandung Barat, salah satu masjid yang dikelola oleh LDII,
mengadakan sebuah acara khusus untuk muda-mudi. Mereka adalah para remaja mulai usia 13 tahun hingga 30 tahun. Acara tersebut diadakan percis pada malam tahun baru, yaitu 31 Desember 2013.


Acara dihadiri 80 orang belum termasuk para pengurus dan pembina. Dimulai dari Maghrib berjama'ah kemudian diteruskan dengan pembukaan acara oleh salah satu pengurus muda-mudi dan kemudian dilanjutkan mentoring bacaan Alquran.
Dari 80 peserta tersebut di bagi-bagi menjadi 8 kelompok untuk kemudian mentoring bacaan Alqur an di pimpin oleh para muballighin.

Kemudian sholat Isya berjama'ah pada pukul 19:15. Peserta terlihat semangat mengikuti agenda-agenda yang telah direncanakan oleh panitia. Sekira jam 08:05 salah satu pembina muda-mudi memberikan nasehat agama sebagai bekal muda-mudi untuk menyongsong tahun 2014.

Penasehat menekankan bahwa tahun yang akan datang kefahaman agama secara keseluruhan umat Islam mengalami penurunan, kefahaman seseorang semakin jelek dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Setelah pukul 20:45 acara dilanjutkan dengan perkenalan para pengurus muda-mudi dari masing-masing majelis ta'lim. Kebetulan acara kali ini adalah hasil kerjasama antara majelis ta'lim Almukarromah dengan 7 majelis ta'lim yang lainnya disekitar wilayah Bandung Barat dan Cimahi Selatan.

Para peserta sambil berkenalan dengan pengurus juga peserta dari lain majelis ta'lim, mereka sambil menikmati makanan ringan yang telah disediakan. Setelah acara perkenalan selesai, makanan berat mulai keluar, hmm...santap malam pun mereka lahap habis.

setelah perut terisi penuh, saat mereka dihebohkan dengan games-games yang telah panitia susun dan siapkan. Ada games kertas ajaib, tali kusut, bahkan ada persembahan drama komedi dari Majelis Ta'lim Almahfudh, sebuah drama komedi yang mengandung pesan-pesan mulia agama Islam.

Malam itu gerimis turun sebelum drama komedi selesai. Padahal kegiatannya sedang outdoor tanpa atap. Sehingga drama komedi berhenti dan langsung dilanjutkan dengan bakar jagung disekitar masjid.

Maksud dari kegiatan ini adalah agar para remaja pada malam tahun baru tidak kluyuran yang tidak jelas. Karena pada umumnya para remaja merayakan datangnya tahun baru dengan kegiatan-kegiatan yang negatif. kongkow-kongkow laki-laki dan perempuan, kumpul-kumpul, nonton film blue dan kegiatan lainnya yang mereka tidak lagi memperdulikan aturan-aturan Allah Rosul.

Pengurus LDII tidak ingin generasinya terbawa arus yang salah, karena mereka adalah penerus perjuangan mulia pahlawan bangsa dan pahlawan agama Islam. Jika mereka teracuni oleh keadaan zaman yang terkontaminasi dengan kemaksiatan, maka apa jadinya mereka nanti. Tidak mungkin menjadi pemimpin yang baik, tidak mungkin menjadi warga negara yang baik.