Friday, January 31, 2014

NASEHAT DARI SEMUT UNTUK MANUSIA

Assalaamu'alaikum, sobat pecinta Rajamenyok dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan yang penuh ridlo dan hidayah dari Allah..aamiin. 

Allah menurunkan Alqur an kepada rosulnya yang terakhir yaitu Nabi Muhammad Shollalloohu 'Alaihi Wasallam melalui perantara malaikat Jibril 'Alaihissalam. Dalam Alqur an berisi perintah-perintah Allah, larangan-larangan Allah, juga cerita-cerita yang padat akan makna, cerita yang mengandung makna mendalam tentang solusi dari berbagai  macam permasalahan yang di hadapi hambanya di bumi ini.

Selain Alqur an yang Allah turunkan ke bumi sebagai pedoman umat manusia dalam beribadah dan menjalani kehidupannya, Allah juga menurunkan banyak sekali makhluk lain selain manusia, salah satunya adalah semut. 

Sobat.., semut yang besarnya tidak lebih dari biji kacang ini ternyata juga Allah ciptakan dengan membawa banyak hikmah, banyak pengertian. Coba kita baca dalam Alqur an surat An-naml nomor surat 27 ayat 17-18. Dalam Ayat tersebut diceritakan bahwa ketika Nabi Sulaiman dan tentaranya hendak melewati sebuah jalan, kebetulan di jalan tersebut ada sekumpulan semut-semut yang sedang keluar dari lubang-lubangnya. Melihat rombongan Nabi Sulaiman hendak lewat tempat tersebut maka rajanya semut berkata kepada rakyatnya, "Wahai rakyatku para semut...!!!, masuklah kalian ke rumah-rumah kalian agar Nabi Sulaiman dan tentaranya tidak menginjak kalian sementara mereka tidak menyadari itu".

Sobat pembaca Rajamenyok, perhatikanlah..., betapa raja semut ini begitu sayang kepada rakyatnya, dia benar-benar menjalankan fungsinya sebagai pemimpin, melindungi rakyatnya, melayani rakyatnya, memberikan saya aman kepada rakyatnya. Tapi kenapa justru kita manusia tidak melakukan perbuatan yang seharusnya menjadi sifat dari manusia. Kenapa ketika kita jadi pemimpin justru sewenang-wenang, harta rakyat digunakan untuk kepentingan sendiri, masa bodoh dengan derita rakyat..., KENAPA...???!!!