Wednesday, April 3, 2013

Cara Memberi Komentar Pada Blog dan Website Dinamis (1)

Sobat Blogger dan para internet surfer..., kadang-kadang ketika kita membutuhkan informasi kita coba cari-cari di dunia maya. Karena dunia maya penuh dengan bermacam-macam informasi baik yang gratis maupun berbayar. Termasuk saya adalah orang tersebut.

Maka saya sarankan untuk tetap menjaga sikap baik seperti halnya ketika kita sedang ada di dunia nyata. Ketika ada teman memberikan informasi berharga buat kita, karena kita butuhkan informasi itu, maka sudah sewajarnya kita ucapkan terima kasih dll. Atau mungkin hanya sekedar senyum, atau sekedar mengucapkan "bagus juga informasi kamu.." dan lain-lain. Dan penghargaan seperti itu juga perlu, malah saya sarankan untuk juga tetap dilaksanakan ketika sedang ada di dunia maya. 

Ucapan terima kasih kita melalui kotak komentar itu sangat bermanfaat bagi pemilik blog dan website. Maka mulai sekarang ketika sobat blogger dan internet surfer membuka blog atau web seseorang dan mendapatkan info yang menurut sobat bermanfaat atau bagus untuk orang yang membaca saya sarankan memberikan komentar. Itu sebagai tanda penghargaan kita terhadap pemiliknya.

Berikut ini adalah langkah-langkah memberi komentar pada blog atau web dengan akun google atau gmail.
Misalnya sobat membuka blog saya www.rajamenyok.blogspot.com atau www.univteacher.blogspot.com, lalu ingin memberikan komentar maka : 
  1. Setelah membaca halaman blog, geser hingga halaman paling bawah dari artikel yang sobat sedang baca.

    Halaman tersebut menyediakan kotak komentar di bagian bawah. Ada tulisan Comment as (komentar sebagai) dan ada segitiga kecil. Klik segitiga itu maka ada tulisan salah satunya Google Account (akun google). Lihat lagi isi komentar sobat dan pastikan tidak salah ketik, lalu klik Publish
  2. Berikutnya akan muncul jendela baru.

    Sobat akan diminta masuk / Sign in ke dalam akun google / gmail yang sobat sudah buat sebelumnya. Masukkan alamat email, masukkan passwordnya, cek list "Stay signed in" jika ingin tetap masuk, ini hanya jika komputer yang sobat gunakan adalah komputer PRIBADI. Jika menggunakan komputer rame-rame maka abaikan
    "Stay signed in". Kalau sudah silahkan klik "Sign in" agar masuk / sign in.
  3. Setelah langkah itu benar maka berikutnya muncul preview komentar sobat.

    Sekarang sobat cek lagi isi komentarnya. Kalau sudah yakin benar isi komentarnya maka perhatikan huruf dan angka yang terlihat tidak jelas. kalau sudah tahu itu huruf dan angka apa saja, silahkan lanjut ketik huruf dan angka ke dalam kotak yang disediakan. Jika huruf dan angka tidak jelas/ susah dibaca, maka klik tanda panah yang melingkar. Itu akan merubah huruf dan angka. Kalau huruf dan angka sudah jelas maka abaikan tanda panah melingkar dan langsung ketik saja dikotak yang disediakan. Selanjutnya langsung klik Publish.
  4. Akan muncul deh halaman yang sobat komentari. Artinya komentar sobat sudah berhasil dipublikasikan...
  5. Jika akun email sobat belum terdaftar di blogger, maka akan muncul halaman yang meminta sobat login ke akun blogger sobat.

    Jangan kuatir, ikuti saja seperti langkah no 2, yaitu masukkan alamat email dikotak yang disediakan, masukkan password dan klik Sign in.
  6. Setelah itu muncul lagi jendela berikutnya.

    Maka lanjutkan saja dengan klik kotak dengan tulisan "buat profil blogger terbatas".
  7. Maka muncul jendela berikutnya.

    Ini langkah terakhir sobat..., ada pilihan bahasa, silahkan tentukan pilihan sobat. Kemudian kita diminta memasukkan nama tampilan kita, ketik saja sesuai yang sobat mau. Klik "Lanjutkan ke blogger". Setelah proses ini maka komentar sobat akan muncul di bagian bawah artikel yang sobat komentari.
Demikian sobat tulisan saya kali ini semoga menambah barokah. Silahkan coba memberi komentar ke blog ini. Semoga Allah senantiasa memberikan aman, slamet, lancar dan barokah..aamiin.