Sunday, April 14, 2013

MEMBINA GENERASI Z (3)


Hai sobat blogger..., tetap semangat dan terus berusaha berubah ke arah yang terbaik. Pada kesempatan ini saya akan berbagi dengan sobat semua tentang kegiatan saya bersama teman-teman. Tempat pada bulan Maret tanggal 28 lalu saya dan teman-teman kembali berkumpul di masjid Al-mukarromah Bumi Asri Cimahi. Acara ini kami beri nama "Pengajian Semalam Suntuk".
Tepat ketika adzan maghrib berkumandang remaja dari usia 13 tahun sampai dengan pra-nikah bersiap dari rumah dan tempat tinggal masin-masing untuk mengikuti kegiatan pengajian semalam suntuk yang diadakan setiap sebulan sekali ini. Kegiatan ini biasanya diadakan pada malam minggu, namun karena ada beberapa hal kami akhirnya merubah jadwal kegiatan. Kegiatan dimulai dengan sholat maghrib berjamaah di masjid tempat kegiatan. Dilanjutkan dengan nasehat agama dari para pengurus dalam komunitas dan juga para muballighin yang telah di jadwalkan.

Dalam kegiatan ini ada pembagian kelas. Untuk kelas remaja dewasa (pra-nikah) kegiatan di laksanakan di lantai 2 masjid. Materinya adalah bacaan, makna dan keterangan Al-qur an di tambah beberapa hadist. Mereka juga diminta membaca Al-qur an secara bergantian dan saling menyimak bacaan Al-qur an temannya. Di kelas ini rata-rata adalah para mahasiswa, para pekerja dan remaja dewasa yang sudah siap untuk menikah. Mereka mendapat pembinaan yang lebih khusus terutama persiapan ilmu-ilmu menjelang pernikahan.

Untuk remaja yang usia sekolah menengah atas kegiatannya ada di lantai 1. Kebetulan hari itu mereka juga membahas tentang hadist Janaiz. Yaitu himpunan hadist yang membahas tentang jenazah. Bagaimana menghadapi orang yang sedang sekarat..?, bagaimana memandikan jenazah dan mengkafani..?, bagaimana menguburkannya dan lain-lain yang berkaitan dengan jenazah. Dan malam itu mereka sedang mempraktekkan cara memandikan jenazah. Tapi sayang persiapannya masih kurang, sehingga belum maksimal praktek pada malam hari itu.

Demikian juga untuk anak-anak usia sekolah menengah pertama juga melaksanakan kegiatan di lantai 1. Mereka menggunakan papan kayu untuk memisahkan antar kelas mereka. Kegiatan ini dilaksanakan sampai dengan jam 22.30. Kemudian mereka dipersilahkan istirahat sampai jam 03.00 pagi hari. Pada jam tersebut mereka dibangunkan untuk melaksanakan sholat lail dan sholat tahajjud. Setelah melaksanakan sholat lail, sebagian ada yang tidur lagi dan sebagian lagi tetap terjaga menunggu waktu sholat subuh datang.

Kegiatan ini di awasi oleh para pengurus dan beberapa muballighin yang ikut menemani para remaja sampai pagi hari. Mereka dipersilahkan pulang setelah melaksanakan sholat subuh berjamaah. 

Demikian tulisan saya kali ini semoga manfaat. Semoga Allah senantiasa memberikan keamanan, keselamatan, kelancaran dan kebarokahan...aamiiin.