Wednesday, April 3, 2013

Caberawit Untuk Meja Pemimpin (1)

Sudah menjadi kehendak-Nya bahwa kita hidup tidak akan selamanya. Akan ada generasi berikutnya yang akan menggantikan kita. Dan kita pasti akan kembali menghadap sang pencipta semesta alam dan mempertanggung jawabkan semua yang pernah kita lakukan selama di dunia. Ada hal lain yang juga penting kita pikirkan dalam hidup dan menjadi tanggung jawab kita, adalah generasi kita, anak-anak kita.
Anak kita adalah generasi kita yang akan meneruskan kisah kita hidup didunia ini. Mereka diciptakan Allah, lahir melalui para wanita-wanita yang luar biasa. Mereka lahir sebagai insan suci, bersih seperti kertas putih tanpa noda, seperti pita film tanpa cacat. Maka tergantung kita, tinta apa yang akan kita goreskan di atas kertas putih dan bersih itu. Maka tergantung kita rekaman video dan suara seperti apa yang akan kita masukkan dalam pita itu. Apakah tulisan kata-kata kasar dan kotor dan membakar telinga dan menyesakkan dada..?. Apakah rekaman suara dan video kekerasan, kotor dan tidak bermoral yang membuat kita miris dan prihatin..?

Untuk itulah sobat blogger dan para orang tua.., kami bersama teman-teman ingin terus konsisten dalam pembinaan generasi penerus menuju generasi profesional dan religius. Kami sebut anak-anak usia 5 - 12 tahun yang belajar bersama kami sebagai "Caberawit". Kami ingin mereka menjadi anak-anak yang berbeda, tetap semangat dalam mencari ilmu pengetahuan dan teknologi tapi tidak melupakan kewajiban sebagai hamba Allah untuk mencari ilmu agama dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka adalah anak-anak warga di sekitar kami yang mempercayakan anak-anaknya untuk kami didik. Tentu kami bekerjasama dengan para orang tua dalam pendidikan dan pembinaan caberawit, karena kami hanya membantu para orang tua. Orang tua yang memiliki peran penting dalam pembinaan para caberawit. Kami fokus memberikan materi seperti ; belajar berbudi pekerti yang luhur, belajar membaca Al-Qur an, belajar menulis huruf-huruf dalam Al-Qur an, belajar memberikan tafsir dan penjelasan Al-Qur an dan Al-Sunnah serta hal-hal lain untuk mendukung proses kegiatan pendidikan. Mereka datang ke masjid yang telah kami tentukan. Jadwal kegiatannya adalah setiap hari Senin dan Rabu mulai jam 15:30 sampai dengan 17:30. Juga ada kegiatan-kegiatan ekstra di antaranya adalah futsal dan pencak silat.

Dari sinilah kami berharap mereka memiliki pondasi keimanan yang kuat. Segala contoh perbuatan baik yang universal di sampaikan dan dicontohkan kepada mereka. Semua berharap agar mereka kelak menjadi generasi yang unggul, profesional religius. Sehingga siap menjadi pemimpin yang patut di contoh oleh orang lain. Semoga kami diberikan kekuatan agar kami tetap dapat mengerjakan ini karena mengharapkan ridho Allah. 

Demikian sobat blogger dan para orang tua...Jangan menyerah dan teruslah berusaha untuk mereka para generasi kita. Tetap berikan contoh-contoh yang mulia agar kelak mereka mampu melaksanakannya juga.