Sunday, July 21, 2013

Ucapan ketika Idul Fitri

Apa Yang Diucapkan?

Minal aidzin wal faidzin…MAAF!, kalimat ini kami belum tahu dari mana sumber dan dasar hukumnya, jadi kami gunakan kalimat dalam lebaran adalah; 

‘An khoolidibni ma’daan qoola; laqiitu waatsilatabnil asyqo’ fii yaumi ‘iidin, faqultu; taqobbalalloohu minnaa waminka, faqoola; na’am taqobbalalloohu minnaa waminka. Qoola watsiilatu laqiitu rosuulalloohi SAW yaumi ‘iidin, faqultu; taqobbalalloohu minnaa waminka, qoola; na’am taqobbalalloohu minnaa waminka.(HR. Albaihaqi kitaabul ‘iidaini).

~Dari kholid bin Ma’dan dia berkata; aku bertemu Watsilah bin Asyqo’ dalam hari raya idul fitri, lalu aku mengucapkan; semoga Allah menerima amalan dari kami dan dari engkau. Watsilah bin Asyqo’ menjawab; iya semoga Allah menerima amalan dari kami dan dari engkau. Dan watsilah juga berkata; aku berjumpa rosul SAW di hari raya idul fitri dan aku ucapkan; semoga Allah menerima amalan dari kami dan dari engkau. Rosul menjawab; iya semoga Allah menerima amalan dari kami dan dari engkau.

Sobat blogger…, tidak ada niatan untuk dianggap lebih tahu. Hanya karena kami mempunyai tanggung jawab sehingga kami sempatkan untuk menulis seperti ini. Kami diancam oleh Allah dengan siksanya yang pedih jika kami hanya diam padahal kami mempunyai ilmunya. Serupiahpun kami tidak ingin dihargai karena balasan dari Allah cukup untuk kami. Semoga setelah membaca tulisan ini sahabat mau tahu lebih banyak tentang Alqur an dan Alhadist yang merupakan sumber dari segala sumber hukum. Yang lebih penting lagi bahwa keduanya adalah lentera penerang dalam perjalanan kita dari dunia hingga akhirot nanti. Kami akan curi waktu dan sempatkan diri jika sahabat anggap kami dapat membantu berbagi ilmu agama.

Kumandangkan takbir, getarkan sekitarmu dengan gema kebesaran Allah. Lapangkan dada, hapuskan lara, lupakan dosa mereka. sambut tangan mereka dengan sepenuh hati. Tiada guna menyimpan duka dan luka. Hanya hati yang selamat yang mampu menghadap Allah dengan bahagia.

"TAQOBBALALLOOHU MINNAA WAMINKUM"

Terima kasih telah membaca halaman ini. Semoga  Allah senantiasa memberikan keamanan, keselamatan, kelancaran, keberhasilan dan kebarokahan, aamiin.








Sumber : Al-sunnah
Sumber gambar : endlessquotes.com