Wednesday, July 31, 2013

Sering mengantuk saat puasa?

Bulan Ramadhan telah tiba, umat muslim menyambut dengan gembira. Terbukti dengan ramainya masjid dan musollah saat malam hari untuk melaksanakan ibadah solat terawih. Yang biasanya tengah malam kebanyakan orang tidur lelap, tapi karena bulan ramadhan orang dipaksa untuk bangun guna makan sahur. Karena perubahan pola aktifitas dan konsumsi makanan maka saat siang hari tubuh terasa lemas dan ngantuk.


Penyebab ngantuk saat berpuasa terjadi akibat menurunnya kadar gula darah ke otak, sehingga mempengaruhi kinerja otak, Membuat otak sulit berkonsentrasi. Saat energi sudah menipis, maka hati akan mengeluarkan glikogen yang disimpan untuk memberi energi bagi tubuh agar bisa tetap beraktifitas. Apabila cadangan energi tidak cukup maka tubuh akan lemas dan terjadi penurunan kadar gula darah, kondisi inilah yang membuat orang berpuasa selalumerasa ngantuk.. Rasa ngantuk disiang hari juga bisa disebabkan karena kekurangan asupan makanan yang  mengandung zat besi.

Agar aktifitas dipagi hari saat bulan ramadhan tidak terganggu maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat sahur..
a. Penuhi kebutuhan zat besi dengan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, daun katuk dll.
b. Usahakan mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin c agar penyerapan zat besi oleh tubuh bisa optimal. Vitamin C bisa didapat dari buah jeruk, pepaya, nanas, mangga dll.
c. Perbanyak minum air putih sedikitnya delapan gelas selama setelah berbuka hingga sahur untuk mencegah tubuh kekurangan cairan (dehidrasi).
d. Makan makanan yang mengandung karbohidrat komplek semisal beras merah, ubi dll. Sebab karbohidrat komplek lebih lambat diproses oleh tubuh menjad glukosa, membuat tubuh bisa menympan energi lebih lama.

Semoga bermanfaat..
Semoga 5 Sukses Ramdahan bisa tercapai.. Amiin
(doel)

Terima kasih telah membaca halaman ini. Semoga  Allah senantiasa memberikan keamanan, keselamatan, kelancaran, keberhasilan dan kebarokahan, aamiin.



Sumber : http://www.ldii.or.id